Tak Berkategori

Jurusan Teknologi Pangan, Kenali dan Di Mana Bisa Kuliah Jurusan ini?

Hai Kawan Pangan, Hari ini kami akan berbagi informasi untuk mengenal jurusan Teknologi Pangan. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan unggulan. Para Sarjana Teknologi Pangan adalah tulang punggung perkembangan industri makanan dan minuman. Industri Makanan dan Minuman selalu tercatat mengalami pertumbuhan yang tinggi tiap tahunnya. Pada tahun 2016 tercatat tumbuh 8,46 persen dan tahun 2017 meningkat menjadi 9,23 persen. Tahun 2018 ditagetkan bisa tumbuh di atas 10 persen. Industri Makanan dan Minuman di Indonesia adalah penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar pada sektor industri non-migas. Pada tahun 2017 saja menyumbang sekitar 34,95 persen PDB sektor non-migas. Pada Triwulan II tahun 2018 malah meningkat menjadi 35,87 persen. Hal ini merupakan prospek cerah jurusan teknologi pangan.

Di mana Kita Bisa Kuliah Jurusan Teknologi Pangan?

jurusan teknologi pangan
facebook.com

Seiring berkembangnya Kawasan Industri di Kabupaten Brebes maka perlu juga ditopang oleh SDM yang unggul. Bagi para remaja di kabupaten Brebes dan sekitarnya pergeseran kawasan industri dari kota-kota besar ke daerah merupakan peluang dan tantangan. Untuk bisa menjadi pemain di industri yang akan berkembang di daerah kita, maka kita perlu meningkatkan hardskill dan sofskill kita. Cara untuk meng-upgrade kualitas diri kita adalah dengan menempuh pendidikan hingga di Perguruan Tinggi.

Universitas Kebanggaane wong Brebes yakni Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) telah membuka jurusan Teknologi Pangan sejak tahun 2012. Nama lengkapnya adalah Program Studi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan. Meskipun baru berumur 6 tahun, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan telah Terakreditasi BAN-PT dengan Predikat B. Bisa dilihat di situs resmi Pencarian Prodi BAN-PT masukkan kata kunci muhadi pada kolom perguruan tinggi di sisi kiri atas. Selain akreditasi program studi, Universitas Muhadi Setiabudi juga telah terakreditasi secara Institusi dengan peringkat akreditasi B berdasarkan SK No. 255/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018. Bisa dilihat di situs BAN-PT Pencarian Institusi.

Mengenal Jurusan Teknologi Pangan

jurusan teknologi pangan
drinkpreneur.com

Sebagai bekal awal kuliah di jurusan teknologi pangan, yuk kita kenali dulu apa itu ilmu dan teknologi pangan. Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan kata majemuk yang terdiri dari kata Ilmu dan Teknologi tentang Pangan. Sebelumnya tau nggak sih apa yang dimaksud dengan ilmu dan teknologi pangan? Dalam bahasa Inggris Ilmu dan Teknologi Pangan disebut Food Science and Technology.

Food Science mengkaji mengenai penyebab-penyebab terjadinya masalah pada bahan pangan. Misalnya mengapa makanan bisa cepat basi? mengapa jus buah tidak bisa bertahan lama? ilmu pangan itulah yang akan menjadi solusi atas masalah-masalah terebut.

Sedangkan Food Technology merupakan aplikasi atau tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pangan. Misalnya mengatasi masalah makanan yang mudah basi dengan melakukan teknik pengawetan pangan dan teknik-teknik rekayasa proses pangan lainnya.

Beberapa fokus kajian yang dipelajari dalam Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan diantaranya adalah:

Pengetahuan Bahan Pangan

Kajian mengenai pengetahuan bahan pangan meliputi pengetahuan mengenai jenis-jenis bahan pangan, faktor-faktor yang merusak dan komponen-komponen yang terkandung dalam bahan pangan mulai dari anatomi bahan pangan, unsur gizi dan biokimia bahan pangan tersebut.

Kemudian dipelajari juga reaksi-reaksi kimiawi yang terjadi ketika bahan pangan dipanen, ketika memasuki proses pengolahan, penyimpanan hingga distribusi produk pangan tersebut.

Ketika kita memiliki pengetahuan tentang bahan pangan maka akan mudah sekali melakukan pengolahan pangan. Dalam proses pengolahan pangan akan melakukan tindakan yang tepat dan tidak merusak bahan pangan.

Rekayasa Proses Pangan

Dengan bekal pengetahuan mengenai bahan pangan maka akan mudah sekali melakukan rekayasa proses pangan. Maksud dari rekayasa proses pangan yaitu melakukan pengolahan pangan dengan teknik-teknik yang tepat.

Ada beberapa teknik dalam proses pengolahan pangan yaitu teknik pengolahan dengan suhu tinggi, dengan suhu rendah, dengan radiasi gelombang micro serta pengolahan dengan bantuan mikrobia atau mikroorganisme.

Teknik pengolahan pangan dengan suhu tinggi misalnya pemanggangan, pengasapan, pengeringan, penggorengan, perebusan, pasteurisasi, sterilisasi, dan ekstruksi.

Teknik pengolahan dengan suhu rendah misalnya pendinginan, pembekuan, dan pengeringan beku. Teknik Pengolahan dengan gelombang mikro misalnya sterilisasi dengan gelombang ultraviolet dan sterilisasi dengan panas tinggi dalam waktu singkat.

Teknik Pengolahan dengan memanfaatkan mikrobia biasa disebut dengan teknik fermentasi. Banyak sekali produk-produk hasil fermentasi yang mampu meningkatkan kualitas produk dibandingkan dengan bahan aslalnya. Misalnya hasil fermentasi susu menjadi yoghurt. Susu yang awalnya hanya sebagai sumber protein bisa memiliki manfaat lain menjadi probiotik yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Teknologi Pengemasan Pangan

Setelah melalui proses pengolahan pangan maka produk pangan harus dikemas agar dapat didistribusikan kepada konsumen. Agar mendapat manfaat yang optimal dari kemasan pangan perlu dipenuhi fungsi-fungsi kemasan pangan. Kemasan pangan harus berfungsi sebagai wadah yang dapat melindungi produk pangan dari benturan-benturan selama proses distribusi.

Kemasan pangan mempunyai manfaat sebagai media komunikasi antara produsen dengan konsumen karena dapat menyampaikan informasi mengenai identitas produsen, keunggulan produk, komposisi produk dan masa kadaluarsa produk. Perkembangan Teknologi Kemasan bahkan lebih pesat dibanding perkembangan rekayasa proses produksi pangan.

Saat ini sudah diterapkan teknologi kemasan aktif dan kemasan pintar. Kemasan aktif misalnya kemasan yang dilengkapi dengan pengatur kondisi udara dalam kemasan yang dapat menjaga mutu produk yang dikemasnya bertahan lebih lama. Ada juga kemasan yang dilengkapi sensor yang dapat menginformasikan penurunan mutu pangan sudah mencapai level apa.

Keamanan Pangan

Produk pangan yang beredar dipasaran haruslah terjamin keamanannya. Para produsen pangan harus menerapkan prinsip-prinsip pengolahan pangan yang baik. Produsen pangan harus melakukan kontrol yang ketat untuk memastikan produk pangan telah aman dari bahaya-bahaya yang terkandung dalam pangan. Biasanya dicari dan dikenali bahaya-bahaya yang mungkin terdapat pada bahan pangan dan menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk menghilangkan bahaya tersebut. Dalam industri pangan dikenal istilah GMP dan HACCP.

Nah, gimana kawan pangan? menarik kan? kuliah Jurusan Teknologi Pangan. Untuk info lebih lanjut untuk daftar di kuliah di Teknologi Pangan UMUS, bisa dikepo’in di Facebook Teknologi Pangan UMUS atau bisa juga dikepo’in via Whatsapp 0823-2007-1123. Terima kasih kawan pangan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Informasi Menarik Lainnya:
5 Keuntungan Kuliah Di Jurusan S1 Teknologi Pangan Umus Brebes

Dosen Prodi Teknologi Pangan UMUS Brebes, Membangkitkan Jiwa Wirausaha Muda
Dibidang Pangan

6 Produk Pangan Hasil Olahan Limbah yang Enak dan Bergizi

Beberapa Persepsi yang Salah Soal Kualitas Beras

 

Related posts

Halo dunia!

admin

Peran Penting Ahli Teknologi Pangan Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

Ibaft3

Petani Sejati Tidak Pernah Kapok Bercocok Tanam

Ibaft3

34 comments

Leave a Comment