KULINER

Kuliner Khas Brebes Selatan Favorit Santri Al Hikmah Benda Sirampog

kuliner khas brebes selatan

Kuliner Khas Brebes Selatan yang akan dibahas ini adalah makanan-makanan khas yang ada di daerah Brebes bagian selatan. Di daerah Brebes selatan banyak terdapat pondok pesantren. Salah satu nama pondok pesantren itu adalah ponpes Al Hikmah yang ada di desa Benda Kecamatan Sirampog.
Brebes Selatan adalah istilah untuk menyebut wilayah kecamatan Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem. Untuk mencapai wilayah ini orang dari Brebes bagian utara harus melewati Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal terlebih dulu. Kecuali kalau lewat rute Banjarharjo maka akan nyampe Kecamatan Salem tanpa harus melintasi kabupaten lain.
Karena terpisah agak jauh, wilayah kabupaten Brebesbagian selatan memiliki ciri khas kuliner tersendiri yang berbeda dengan di Brebes utara. Kuliner Khas Brebes Selatan ini didominasi oleh makanan berbahan dasar sayuran.

Kuliner Khas Brebes Selatan

Tumis Kulit Melinjo

Tumis kulit melinjo adalah salah satu makanan favorit bagi santri-santri di ponpes Al Hikmah. Awalnya sih bagi santri yang dari luar daerah mungkin terpaksa makan kulit melinjo ini karena agak aneh dengan rasanya. Tapi lama-lama jadi doyan juga.hehe.

Kulit melinjo yang digunakan adalah kulit dari biji melinjo matang yang berwarna merah. Kulit melinjo ini cukup tebal makanya rasanya empuk-empuk gituh. Tapi kadang ada sedikit kesan kasar di lidah.

Bumbu yang digunakan sama seperti tumis pada umumnya yaitu garam, gula, bawang merah, bawang putih, cabe, saus tiram dan daun salam. Untuk lebih menggugah selera biasanya ditambahkan teri nasi.

makanan khas brebes selatan
Sumber: google

Cara membuatnya yaitu:

  • Kulit melinjo direbus agar getah dan kotorannya meluruh. Tunggu sampai matang, lebih kurang 10 menitan. Setelah matang ditiriskan.
  • Tumis potongan bawang merah, bawang putih. Masukkan potongan cabe dan daun salam. Kemudian campurkan teri nasinya juga.
  • Kemudian masukkan kulit melinjo, daun salam, saus tiram, garam dan gula secukupnya. Tambahkan sedikit air supaya tidak gosong.

Selain enak, kulit biji melinjo ini ternyata punya banyak khasiat lho… diantaranya adalah mampu mencegah penyakit asam urat. Hmm brati penyakit yang disebabkan biji melinjo ini bisa dicegah justru oleh kulitnya. ¬†Itulah rahasia ciptaan Allah. Sebagaimana yang telah banyak dikenal untuk menangkal bisa ular menggunakan bisa ular juga.

Baca Artikel Lainnya:
Nasi Bakar Ayam Jamur
Makanan Khas Sunda Brebes yang Wajib Ada di Setiap Acara Hajatan
Asal usul kabupaten brebes jawa tengah
Eksistensi Objek Wisata Waduk Penjalin Brebes

Tumis Daun Kubis Ijo

Makanan Khas Brebes Selatan
Sumber: google

Kuliner Khas Brebes Selatan berikutnya adalah Tumis Daun  Kubis Ijo. Daun Kubis Ijo adalah bagian daun dari tanaman Kubis. Bagian yang umum ada di pasar kan bunga kubisnya. Sedangkan daunnya hanya dikonsumsi oleh penduduk di sekitar kebun kubis ijo berada. Desa Benda cukup dekat dari daerah penghasil kubis ijo ini.

Daun kubis ijo biasa di potong tipis-tipis seperti masakan daun pepaya. Cara memasaknya sama kaya numis sayuran lainnya. Irisan bawang merah dan bawang putih serta cabe wajib ada dalam makanan jenis tumis.

Tanaman Kubis ijo ini punya khasiat untuk mencegah sariawan karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu juga punya senyawa yang dapat menonaktifkan zat racun dalam tubuh. Terdapat juga mineral seperti kalium, kalsium, fospot, natrium dan zat besi.

Cimplung

Makanan yang satu ini sebenarnya adalah makanan khas kabupaten Banyumas. Tapi di brebes selatan juga banyak yang membuat makanan ini. Namanya unik kan? Mungkin dari namanya sudah bisa ditebak cara pembuatan makanan ini seperti apa. Ya. Cimplung dibuat dengan cara bahan baku dicemplungkan pada suatu cairan. Bahannya apa dan cairannya apa itu?

Bahan utama cimplung yang banyak digunakan adalah singkong, ubi jalar dan kelapa muda yang dicemplungkan pada air gula merah. Hmm brati kaya kolak donk. Beda. Kalo kolak kan disajikan bersama kuahnya. Sedangkan cimplung ini tidak, setelah dicemplungkan terus diangkat dan ditiriskan. Yang paling nikmat itu adalah cimplung kelapa muda, rasanya manis gurih seger gimaanaaa gituh.hehe.

Makanan Khas Brebes Selatan
Sumber: nulis.in

Cimplung pavorit santri Al Hikmah Benda biasanya dijajakan oleh pedagang cimplung dari desa Kaligadung. Cimplung Kaligadung cairan untuk dicemplungin singkong dan kawan-kawan biasanya dari nira yang hampir matang jadi gula merah. Jadi cairannya bukan terbuat dari gula yang sudah jadi tapi dari bakal gula yang hampir jadi.

Awul-Awul

Makanan Khas Brebes Selatan
sumber: google.com

Makanan yang terakhir dibahas adalah awul-awul. Awul-awul ini adalah makanan serupa getuk. Terbuat dari singkong yang diparut kasar atau dicacah kecil-kecil dan diberi gula merah dan sedikit garam. Kemudian setelah matang diberi topping kelapa parut.

Awul-awul ini menjadi makanan favorit bagi para santri karena harganya murah dan mengenyangkan. Hehe.

Itulah beberapa makanan khas brebes selatan yang menjadi favorit para santri.

Related posts

Sego Kucing

Ibaft3

7 Lokasi kuliner paling populer di Brebes Jawa Tengah

Ibaft3

Jajanan Tradisional Jawa Tengah yang Lezat

Ibaft3

9 comments

reza 8 Januari 2019 at 8:47 am

Wah ternyata untuk membuat tumis kulit melinjo bahannya tidak terlalu sulit ya didaptkan

Reply

Leave a Comment