Tak Berkategori

Peran Penting Ahli Teknologi Pangan Bagi Kelangsungan Hidup Manusia

ahli teknologi pangan

Artikel  ini akan membahas tentang peran penting para ahli teknologi pangan. Para ahli teknologi pangan adalah orang-orang yang keren. Salah satu faktor penentu kelangsungan hidup manusia adalah para ahli teknologi pangan. Ada satu kalimat optimisme di kalangan mahasiswa teknologi pangan yaitu “Selama manusia belum bisa berfotosintesis maka para ahli teknologi pangan akan tetap eksis”. Berkat pengetahuan dan kreatifitas mereka terciptalah begitu banyak produk makanan dan minuman yang dijajakan di minimarket, supermarket maupun tradisional market. Saking banyaknya produk pangan tersebut terkadang membuat kita bingung mau pilih makanan atau minuman yang mana saat belanja.

ahli teknologi pangan
goriau.com

Tahukah kawan pangan? Produk pangan telah menempuh perjalanan panjang dari bahan mentah menjadi produk jadi yang siap konsumsi. Lalu siapakah orang yang sangat berperan dalam perjalanan panjang produk pangan tersebut? Ya. Para ahli teknologi panganlah yang bisa membuat bahan mentah yang kurang bernilai menjadi produk jadi yang bernilai tinggi. Bahkan ada bahan baku yang berasal dari limbah tapi diolah kembali menjadi produk yang bisa dikonsumsi. Seperti limbah tulang ikan ternyata bisa diolah menjadi sagon tulang ikan yang kaya kalsium untuk kesehatan tulang.

Baca pembahasan tentang pangan hasil olahan limbah klik disini.

Secara umum, tanggung jawab para ahli teknologi pangan adalah membuat produk hasil panen pertanian menjadi lebih bernilai dan bertahan lama. Hasil panen pertanian yang dimaksud adalah pertanian dalam arti luas yang meliputi pertanian sawah, peternakan, perikanan, kelautan dan perkebunan.

Produk hasil pertanian bersifat mudah rusak baik kerusakan akibat aktifitas fisiologi, benturan saat distribusi maupun serangan makhluk perusak. Oleh karena itu diperlukan tenaga ahli yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini beberapa peran penting para ahli di bidang teknologi pangan. Paling keren berperan dibidang apa nih?

Peran Ahli Teknologi Pangan bagi Industri Pangan

Kemajuan pesat industri pangan tak lepas dari peran penting para ahli Teknologi Pangan. Dalam suatu perusahaan pengolahan pangan, para ahli Teknologi Pangan menempati posisi strategis yang mengetahui rahasia perusahaan yaitu bagian Research and Development atau R&D. Bagian R&D bertugas untuk melakukan riset pengembangan produk baru maupun memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada produk yang telah diproduksi. Misalnya masalah efisiensi proses produksi agar keberhasilan proses produksi mendekati 100% sehingga tidak banyak produk yang di reject. Para Ahli Teknologi pangan terus berkreasi dan berkarya untuk menghasilkan produk-produk pangan baru yang  dibutuhkan konsumen.

Para ahli teknologi pangan juga ada yang bertanggung jawab menjamin mutu produk-produk pangan yaitu bagian QA atau Quality Assurance. Bagian QA bertugas menentukan standar-standar mutu produk pangan dengan menyusun SSOP, GMP dan HACCP serta mengurus regulasi pangan.  Ada juga yang bertugas mengecek langsung untuk memastikan kualitas produk yaitu bagian Quality Control atau biasa disingkat QC. Bagian QC ini bukan hanya tukang sortir biasa lhoo! untuk produk-produk ternetu sangat bergantung pada keahlian seorang QC. Misalnya seorang tester produk teh hanya orang-orang tertentu yang bisa mendeteksi penyimpangan pada produk teh yang diproduksi. Begitu pula untuk produk-produk pangan lain yang memerlukan tenaga ahli saat uji sensori. Seorang tester uji sensori harus memiliki kepekaan indrawi yang tetap terjaga. Agar bisa mendeteksi dan menjaga mutu sensori produk pangan tetap sesuai standar perusahaan.

Peran Penting pada Instansi Pemerintah

Para Ahli Teknologi Pangan juga berperan penting membantu pemerintah. Pemerintah menugaskan para ahli teknologi pangan untuk berkumpul dalam Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengawasi produk pangan yang beredar di pasar. Peran penting instansi ini adalah menentukan regulasi atau aturan-aturan untuk memastikan pangan yang dikonsumsi masyarakat aman dan sehat. Selain BPOM ada juga Para Ahli Teknologi Pangan yang bertugas di LPPOM MUI yang bertugas memberikan label halal pada produk pangan. Begitu penting peran para ahli teknologi pangan dalam memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah dalam hal keamanan pangan. Semua produsen pangan akan memperhatikan faktor keamanan pangan dengan mengacu pada ketentuan yang telah ditentukan pemerintah. Selain kemanan pangan, dikenal juga istilah ketahanan pangan. Ketahanan pangan lebih mengarah pada ketersediaan bahan pangan sedangkan keamanan pangan mengarah kepada kualitas bahan pangan.

Peran Penting di Bidang Akademik

Para Profesor, Doktor dan Dosen-dosen di Perguruan tinggi berperan penting dalam mengembangkan keilmuan di bidang Ilmu dan Teknologi pangan. Para Ahli Teknologi Pangan tersebut mengajari para mahasiswa yang akan menjadi penerus mereka sebagai ahli ilmu dan teknologi pangan. Para Ahli Teknologi Pangan di perguruan tinggi juga terus berupaya menemukan hal-hal baru dengan melakukan penelitian-penelitian di bidang Ilmu dan Teknologi Pangan. Kemudian hasil penelitian tersebut di publikasikan sehingga bisa menjadi referensi bagi industri pangan dan masyarakat pada umumnya. Hasil kajian ilmu dan teknologi pangan di Perguruan Tinggi akan mendorong munculnya inovasi-inovasi produk pangan baru. Inovasi di bidang pangan antara lain memodifikasi bahan pangan lokal menjadi bahan pengganti pangan impor seperti tepung mocaf untuk menggantikan tepung terigu.

Berminat menjadi ahli teknologi pangan? ini tempat rekomended untuk belajar menjadi ahli teknologi pangan klik disini.

Demikianlah beberapa peran penting para ahli ilmu dan teknologi pangan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

5 Keuntungan Kuliah Di Jurusan S1 Teknologi Pangan Umus Brebes 

6 Produk Pangan Hasil Olahan Limbah yang Enak dan Bergizi

Dosen Prodi Teknologi Pangan UMUS Brebes, Membangkitkan Jiwa Wirausaha Muda
Dibidang Pangan 

Beberapa Persepsi yang Salah Soal Kualitas Beras

Related posts

Halo dunia!

admin

AREN HUTAN

Ibaft3

Jurusan Teknologi Pangan, Kenali dan Di Mana Bisa Kuliah Jurusan ini?

Ibaft3

6 comments

Leave a Comment